Tips Rahasia Lolos Test Psikotest - Loker.Tgr

Loker.Tgr

Situs seputar informasi lowongan kerja untuk wilayah JABODETABEK & SERANG-BANTEN

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 05 Oktober 2017

Tips Rahasia Lolos Test Psikotest

Tips Rahasia Lolos Test Psikotest


Lowongan Pekerjaan
Psikotest Loker.Tgr


Saat ini, hampir semua perusahaan menerapakan atau mengadakan test psikotest dalam perekrutan karyawan baru untuk perusahaannya. Keunikan dari test ini adalah bersifat "Logika", mengapa ? karena dalam test psikotest ini bukan hanya mengandalkan perhitungan algoritma atau matematika yang baik saja, melainkan kejujuran dan analisa yang kuat adalah bagian yang cuup penting dari test psikotest ini. Jadi saya sarankan kepada anda semua, ketika anda hendak mengikuti test perekrutan karyawan pada suatu perusahaan, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan diri dengan berlatih pengerjaan test-test psikotest. Kini sudah banyak situs atau blog yang menyediakan aplikasi atau program simulator untuk test psikotest. Karena bagaimanpun juga, jika anda sering berlatih, kemungkinan besar anda nantinya bisa lolos dalam mengerjakan test psikotest tersebut.

Adapun Test Psikotest yang sering dan umum kita jumpai adalah sebagai berikut :

1. Test Logika Aritmatika

Test ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam test ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut. Tipsnya :

  • Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada perhitungan 1 - 4 baris pertama, melainkan anda harus memperhatikan pola-pola tersebut secara keseluruhan.
  • Ingat keterbatasan waktu, jangan terpaku ataupun serius untuk mengerjakan soal secara berurutan, adakalanya anda harus terlebih dahulu mengerjakan soal-soal yang anda anggap lebih mudah, biarkan soal-soal yang dirasa cukup sulit untuk dikerjakan belakangan.


2. Test Logika Penalaran

Test ini terdiri atas deretan gambar, baik 2 ataupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam test ini adalah kemampuan anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola tersebut. Tipsnya : konsentrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama, seperti :


3. Analog Verbal Test

Test ini terdiri atas soal-soal sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam test ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk mengetahui sejauh mana anda memahami sebab-akibat dari suatu permasalahan. Tipsnya : Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, anda bisa membypassnya dengan soal dan jawaban, karean beberapa kali saya sendiri menghadapi test ini, soal yang diberikannya relatif sama. Contoh :
- Wanita : Kebaya = Pria :
- a.Sepatu b.Baju c.Topi d.Jas
- Kubus : Pyramid = Empat Persegi :
- a.Peti b.Mesir c.Pentagon d.Segitiga

4. Kraeplien/Pauli

Test ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Calon Pegawai diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu disetiap kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam test ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tipsnya :

  1. Jangan sekaligus menggunakan pensil mekanis dalam test ini, melainkan pensil biasa atau pulpen saja. Karena test ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-reload ketika ujungnya habis, mekanisme ini membutuhkan stidaknya waktu 0,5-1 detik. Apabila anda melakukan reload pada 10 lajur, berarti anda telah membuang waktu 5-10 detik.
  2. Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan pada masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jika anda memaksakan diri di awal test, namun was-was di pertengahan dan di akhir. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga.
  3. Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri, karena dengan melakukan cheating justru anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan. Dan itu justru berarti membuang waktu dan membuat grafik penjumlahan anda tidak alami.
  4. Hal yang paling penting dalam test Kraeplin ini adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank pada pertengahan, namun anda harus bangkit dan tetap fokus test tersebut. usahakan jangan begadang dan sarapan terlebih dahulu, karena test ini akan banyak menguras energi anda.

5. Wartegg Test

Test ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu, seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta utuk menggambar dan kemudian menuliskan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana yang disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda.Yang diukur dalam test ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Contoh :











Tipsnya adalah :

  • Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai dan nomor acak. Misalnya 1,2,3,4 dan 8,7,6,5 karena apabila anda menggambar sesuai dengan urutan, maka anda akan dianggap oleh HRD sebagai orang yang kaku atau konservatif, sedangkan apabila anda menggambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot